Halaman

Senin, 26 September 2011

MANAJEMEN HUBUNGAN MASYARAKAT TAMAN KANAK – KANAK


A.    Pengertian Hubungan TK dan Masyarakat
Jumlah Taman Kanak – Kanak di Indonesia cukup banyak. Hal ini menunjukkan betapa besarnya partisipasi masyarakat, yayasan, atau badan social dalam penyelenggaraan TK. Partisipasi masyarakat yang perlu diupayakan dalam penyelenggaraan TK seharusnya tidak sekedar dalam bentuk pendidikan TK oleh yayasan atau badan social. Peran serta masyarakat menjadi umum dan orang tua murid menjadi khusus perlu digalakkan. Ada 2 peran serta yang harus digalakkan, pertama peran serta secara langsung, seperti mendirikan TK yang berkualitas baik. Kedua, peran serta secara tidak langsung seperti aktif dalam kepengurusan maupun keanggotaan Badan Pembantu Penyelenggaraan Pendidikan (BP3) atau komite sekolah, atau mungkin dewan sekolah. Peran serta secra tidak langsung tersebut bisa dengan cara menciptakan lingkungan rumah dan masyarakat yang berfungsi sebagai lingkungan pendidikan dan sekaligus sumber belajar bagi anak.
            Pentingnya hubungan kedua pihak :
1.      Dengan adanya hubungan yang harmonis antar TK dan masyarakat dapat dengan mudah mengoptimalkan peran serta masyarakat dalam memajukan program pendidikan, seperti :
a.       Masyarakat membantu menyediakan fasilitas-fasilitas pendidikan yang diperlukan.
b.      Orang tua memberikan informasi kepada guru tentang potensi yang dimiliki anak.
c.       Orang tua menciptakan lingkungan rumah yang memberikan pendidikan.
2.      Dengan adanya hubungan antara TK dan masyarakat, maka orang tua akan mendapatkan informasi berkaitan dengan pendidikan yang diperoleh anaknya.

B.     Pengertian
Hubungan TK dengan masyarakat dapat diartikan sebagai proses komunikasi antara TK dan masyarakat untuk membentuk pengertian dan kesadaran mereka tentang pentingnya pendidikan sehingga mereka terdorong untuk bekerja sama dengan TK untuk memajukan TK.
C.    Jenis masyarakat
            Beberapa kelompok masyarakat yang dapat dijadikan sasaran program hubungan TK dengan masyarakat :
1.      Keluarga
      Hubungan antara TK dan orang tua murid bisa berbentuk kerja sama dalam menciptakan lingkungan keluarga yang baik.

Beberapa contoh kegiatan kerja sama yang dapat dilakukan oleh orang tua :
a.       Mendorong anak agar selalu masuk sekolah tepat pada waktunya.
b.      Membantu anak yang mengalami kesulitan dalam belajar.
c.       Mengatasi anak yang masih minum dengan menggunakan botol.
2.      Badan Pembantu Penyelenggara Pendidikan (BP3)
      Adanya BP3 dapat membantu TK bukan hanya dalam pendanaan pendidikan, namun juga dalam berbagai kegiatan yang dapat memajukan proses pendidikan. Upaya yang dilakukan BP3 :
a.       Menjadi sponsor lomba kreatifitas anak
b.      Menyediakan sarana dan prasarana pendidikan
c.       Menyediakan pelayanan kesejahteraan dan kesehatan bagi anak dan guru.
3.      Gabungan Organisasi Penyelenggara TK Indonesia
GOPTI merupakan wadah yang mengkoordinasikan semua penyelenggara TK. Tujuan GOPTI adalah membina dan mengembangkan pendidikan TK serta turut membantu meningkatkan kesejahteraan anak usia TK.
4.      Ikatan Guru taman kanak-kanak Indonesia
      Selain GOPTI, telah terbentuk sebuah organisasi profesi guru TK yaitu IGTKI. IGTKI merupakan organisasi professional yang menjadi wadah guru-guru TK. Usahaa-usaha yang dilakukan oleh IGTKI-PGRI :
a.       Membina kemampuan professional guru melalui penataran
b.      Porseni
c.       Lomba antar guru
d.      Seminar dan,
e.       Lokakarya.

5.      Instansi Terkait
      Pendidikan TK merupakan kegiatan yang sangat kompleks. Oleh karena itu peningkatan mutu pendidikan di TK tidak bisa hanya dilakukan oleh Departemen Pendidikan Nasional. Peningkatan mutu pendidikan di TK perlu melibatkan semua instansi terkait. Beberapa instansi antara lain :
a.       Departemen kesehatan
b.      Departemen social
c.       Departemen penerangan
d.      Polri, serta
e.       Kantor menteri kependudukan dan lingkungan hidup
            Selain dengan keluarga, BP3, GOPTI, IGTKI-PGRI, dan instansi terkait, TK perlu mengembangkan hubungan kerja sama dengan tokoh masyarakat, kelompok masyarakat, dan warga masyarakat.


D.    Tujuan Hubungan TK dan Masyarakat
            Secara umum bahwa tujuannya adalah agar tercipta kerja sama yang baik antara personil TK dan masyarakat dalam memajukan pendidikan
1.      Tujuan hubungan TK dengan orang tua
a.       Memupuk pengertian dan pengetahuan orang tua tentang pertumbuhan pribadi anaknya.
b.      Memupuk pengertian orang tua tentang cara mendidik anak yang baik
2.      Tujuan hubungan TK denagn BP3
      Tujuannya adalah memberikan pegertian kepada pegurus BP3 tentang program pendidikan TK yang akan dikembangkan dan hambatan-hambatan dalam merealisasikannya.
3.      Tujuan hubungan TK dengan pihak lain
      Tujuan hubungan TK denagn GOPTI, IGTKI-PGRI, instansi terkait, masyarakat umum yaitu :
a.       Memberiakn pengertian tentang program pendidikan TK yang sedang dikembangkan kepada semua pihak
b.      Menumbuhkan pegertian tentang hambatan-hambatan yang dihadapi  TK dalam merealisasikan program-programnya
c.       Memberiakn kesempatan kepada semua pihak untuk berperan serta dalam memajukan pendidikan TK

E.     Pendekatan Hubungan
            Penciptaan hubungan TK dengan masyarakat yang harmonis menuntut adanya pendekatan bagi kedua pihak, yaitu bagi TK dan bagi masyarakat pendekatan yang baik adalah pendekatan komunikasi dua arah ( two way communication). Dengan pendekatan komunikasi dua arah berarti yang memprakarsai hubungan TK dengan masyarakat itu adalah keduanya.

F.     Teknik-teknik Hubungan
1.      Tenik tertulis
Yang dapat dilakukan antara lain :
a.       Buku kecil pada permulaan tahun ajaran
b.      Pamphlet kecil
c.       Berita kegiatan murid
d.      Catatan berita gembira
e.       Buku kecil cara membimbing anak
2.      Teknik lisan
a.       Kunjungan rumah
b.      Panggilan orang tua
c.       Pertemuan
3.      Teknik Peragaan
                  Hubungan antara TK dan masyarakat dapat dilakukan dengan cara mengundang masyarakat melihat peragaan yang diselenggarakan di TK. Peragaan yang diselenggarakan oleh TK dapat berupa pameran keberhasilan TK penyelenggaraan pentas seni sederhana. Peda kesempatan itu, kepala / guru TK dapat menyampaikan program – program peningkatan mutu pendidikan TK dan masalah atau hambatan yang dihadapi dalam merealisasikan program – program itu.
G.    Pengertian Manajemen Hubungan TK dan Masyarakat
            Manajemen hubungan TK dengan masyarakat dapat diartikan sebagai proses kerja sama perdayagunaan semua sumber daya dalam menciptakan hubungan TK dengan masyarakat untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
            Sember daya yang dimaksud disini adalah semua tenaga, dana, dan yang dimiliki oleh TK.
H.    Ruang Lingkup Kegiatan Manajemen Hubungan TK dan Masyarakat
            Manajemen hubungan taman kanak – kanak mencakup kegiatan – kegiatan analisis kebutuhan, pengembangan program, dan pengaturan pelaksanaan hubungan TK dengan masyarakat.
1.      Analisis Kebutuhan
                  Kegiatan pertama dalam administrasi hubungan taman kanak – kanak adalah analisis kebutuhan hubungan taman kanak – kanak dengan masyarakat. Ada 3 kegiatan yang perlu dilakukan dalam menganalisisnya, yaitu:
a.       Mengidentifikasi program – program TK yang perlu mendapatkan dukungan dari masyarakat.
b.      Mengidentifikasi masyarakat yang dapat dijadikan sasaran hubungan.
c.       Menetapkan masyarakat yang akan dijadikan sasaran hubungan.
2.      Pengembangan Program
                  Kegiatan kedua dalam administrasi hubungan TK dengan masyarakat adalah pengembangan program berdasarkan hasil analisis kebutuhan (kegiatan pertama). Ada 3 kegiatan yang perlu dilakukan dalam mengembangkan program hubungan TK dengan masyarakat, yaitu:
a.       Merumuskan tujuan hubungan TK dengan masyarakat.
b.      Menetapkan masyarakat yang akan dijadikan sasaran hubungan antara TK dan masyarakat.
c.       Menetapkan pendekatan yang akan digunakan.
d.      Menyusun rencana operasional, seperti sarana yang akan digunakan, waktu pelaksanaan, dan penanggung jawabnya.
3.      Pengaturan Pelaksanaan Program Hubungan
                  Kegiatan ketiga dalam hubungan TK dengan masyarakat adalah mengatur pelaksanaan program hubungan TK dengan masyarakat. Ada 3 kegiatan yang perlu dilakukan, yaitu:
1.      Membagi tugas pelaksanaan hubungan TK dengan masyarakat pada personel sekolah berdasarkan rencana program yang telah dikembangkan.
2.      Mengoordinasikan semua pelaksanaan hubungan TK dengan masyarakat.
Mengevaluasi keberhasilan pelaksanaan hubungan TK dengan masyarakat.

1 komentar:


  1. Bagi anda yang hobby bermain judi online seperti :
    Bandar Ceme, Ceme Keliling, Capsa Susun, Domino, Bandar Poker dan omaha poker
    Mari segera bergabung bersama kami di s1288poker
    Kami agen penyediaan jasa judi online terbaik dan terpercaya.
    (WA : 081910053031)

    BalasHapus