Halaman

Jumat, 23 September 2011

MAKALAH SEJARAH DAN PERKEMBANGAN SENAM


BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
                   Di dalam dunia Olah raga Senam merupakan cabang olahraga yang paling banyak menggunakan unsur – unsur gerak. Senam sendiri merupakan aktivitas fisik yang dilakukan baik sebagai cabang olahraga tersendiri maupun sebagai latihan cabang olahraga lainnya. Berlainan dengan cabang olahraga lain pada umumnya yang mengukur hasil aktivitasnya pada objek tertentu, Senam mengacu pada bentuk gerak yang dikerjakan dengan kombinasi terpadu serta koordinasi dari setiap bagian anggot tubuh dari komponen – komponen kemampuan motorik seperti : kekuatan, kecepatan, keseimbangan, dan kelentukan. Dengan koordinasi yang sesuai dan tata urutan gerak yang selaras akan terbentuk rangkaian gerak artistik yang menarik.
B. Rumusan Masalah
1.    Apa pengertian senam?
2.    Bagaimana sejarah senam?
3.    Bagaimana sejarah senam di Indonesia?
4.    Apa macam – macam senam?
C. Tujuan
1.    Untuk mengetahui pengertian senam.
2.    Untuk mengetahui sejarah senam.
3.    Untuk mengetahui sejarah senam di Indonesia.
4.    Untuk mengetahui macam – macam senam.


BAB II
PEMBAHASAN
A. Pengertian Senam
                   Sebelum kita mengetahui pengertian senam, sebaiknya kita harus mengetahui ciri – ciri senam telebih dahulu, antara lain:
1.    Gerakan – gerakannya selalu dibuat atau diciptakan dengan sengaja.
2.    Gerakan – gerakannya harus selalu berguna untuk mencapai tujuan tertentu (meningkatkan kelentukan, memperbaiki sikap dan gerak, meningkatkan kesehatan tubuh)
3.    Gerakannya harus selalu tersusun dan sistematis.
Berdasarkan ciri – ciri diatas, batasan senam adalah aktivitas fisik atau latihan tubuh yang dipilih dan diciptakan dengan berencana, disusun secara sistematis sesuai dengan tata urutan gerak dengan tujuan membentuk rangkaian gerak artistik yang menarik dan mengembangkan pribadi secara harmonis.
B. Sejarah Senam
                   Senam pertama kali diperkenalkan pada zaman Yunani kuno. Senam berasal dari kata Gymnastics, Gymnas berarti telanjang, sebab pada waktu itu orang – orang berlatih tanpa pakaian. Sedangkan Gymnasium adalah suatu tempat yang dipergunakan untuk mengadakan latihan senam. Pada zaman itu Gymnastik dilakukan dalam rangka upacara – upacara kepercayaan yaitu guna menyembah dewa Zeus.
                   Pada awal permulaan abad ke – 20, senam telah menjadi rencana pendidikan di sekolah – sekolah Amerika. Hal ini berkat usaha dari Dr.J.F. Williams, Dr.Dubly sorgen dan Thomas D.Wood.
                   Frederik Jahn adalah bapak Gymnastik, dia memkombinasikan latihan – latihan gimnastik dengan pertunjukan – pertunjukan patriotik. Dia juga menemukan beberapa peralatan senam, diantaranya adalah palang horizontal, palang sejajar, kuda – kuda melintang, dan bak lompat.
                   Senam di negara Indonesia sudah dikenal sejak zaman penjajahan Belanda. Pada waktu itu namanya “Gymnastiek”, zaman jepang dinamakan “Taiso”. Pemakaian istilah “senam” sendiri kemungkinan bersamaan dengan pemakaian kata olahraga sebagai pengganti kata sport.
                   Sejarah perkembangan senam dimulai sejak zaman kuno, sebelum Masehi, baik di dunia barat, di dunia timur atau timur tengah. Materinya dibagi dalam empr bagian yang masing – masing merupakan satunera dengan cirinya masing – masing : yaitu zaman kuno, zaman abad pertengahan dan permulaan zaman modern, zaman modern di eropa dan bagian akhir adalah senam di abad ke Duapuluh.
          Pengetahuan tentang sejarah terkadang membosankan bila kita hanya melihat dongengnya saja. Tapi apabila anda perhatikan dengan seksama, maka di dalamnya penuh dengan buah pikiran, kejadian, situasi, sifat, tingkah laku, yang indah, yang jahat, yang bermanfaat dan sebagainya, yang semuanya akan menambah wawasan pribadi anda yang tentu akan sangat berguna bagi anda sebagai individu maupun sebagai anggota masyarakat. Dengan memahami sejarah senam sejak zaman kuno sampai sekarang, anda akan menghargai karya dan buah pikiran orang lain sebelum anda dan banyak di antaranya yang dapat anda jadikan contoh suri tauladan dalam menjalankan tugas anda sehari – hari baik sebagai pendidik ataupun sebagai siswa.
Ø Senam pada zaman kuno
              Sejarah perkembangan senam erat sekali hubungannya dengan perkembangan pendidikan jasmani dan pendidikan pada umunya. Sejak dadulu, para ahli filsafat percaya bahwa tingkat kesegaran jasmani masyarakat (istilah sekarang) menurun maka tingkat pendidikannya juga akan menurun. Bila hal ini terjadi, maka para pendidik harus mengarahkan perhatiannya pada faktor peningkatan kesegaran jasmani nasional. Kenyataan yang berusaha memasukkan  senam dan pendidikan jasmani ke dalam kurikulum sekolah adalah para ahli filsafat dan pemimpin masyarakat. Dewasa ini orang percaya bahwa pendidikan jasmani merupakan aspek penting dari program pendidikan umum. Sejarah perkembangan senam dan pendidikan jasmani pada umumnya merupakan evolusi yang dipengaruhi oleh tuntutan dan keadaan negara, pemerintah, kota, lembaga – lembaga maupun kelompok dan individu / perorangan.
Ø Mesir 2000 s.M
              Para ahli berpendapat bahwa berdasarkan penemuan – penemuan pada peninggalan bangsa mesir kuno yang terdapat dalam piramida – piramida, senam telah menjadi kebudayaan penduduk. Dalam hal ini dapat dilihat pada tulisan – tulisan, gambar – gambar, relief dan mosaics. Bangsa mesir menggemari perlombaan senam, latihannya banyak berbentuk senam lantai seperti tubling. Ada pula latihan berbentuk yoga.
Ø Yunani Kuno. 1000 – 800 s.M
              Orang yunani saat itu membentuk tujuan pendidikannya ialah keutamaan individu. Ini dapat dicapai dengan mengembangkan motto “men of action dan Men of Wisdom” orang terampil (yang sehat dan kuat) dan orang yang bijaksana. Prinsip ini dimasukkan ke dalam program pendidikan jasmani yang tujuannya membentuk prajurit. Maksudnya untuk mengatasi situasi yang memaksa. Yunani memusatkan latihannya kepada keterampilan dan kualitas keprajuritan. Mereka menyukai pertandingan beregu maupun perorangan yang secara langsung terasa pengaruhnya hingga sekarang. Mereka telah juga memberi kepada pendidikan jasmani dengan menambah sportifitas, menyukai olahraga dan perjuangan. Senam pada masa itu bersifat informal dan sebagian besar kegiatan tersebut berhubungan erat dengan upacara keagamaan. Cerita tentang llliad dan Odyssey menunjukkan bahwa hanya orang, yang turut serta dalam olahraga semacam itu.

C. Sejarah Senam di Indonesia
                   Senam berasal dari bahasa Inggris disebut “Gymnastic” yang berasal dari kata “gymnos” melakukan latihan senam di ruangan khusus yang disebut “Gymnasium” atau “Gymnasion”. Tujuannya adalah untuk mendapatkan kekuatan dan keindahan jasmani. Cara melakukannya sambil berpakaian minim atau telanjang. Maksudnya mungkin agar dapat leluasa bergerak. Namun yang melakukan senam ini hanya kaum pria.
                   Senam di Negara Indonesia sudah dikenal sejak zaman penjajahan Belanda. Pada waktu itu namanya “Gymnastiek”, zaman jepang dinamakan “Tasio”. Pemakaian istilah “senam” sendiri kemungkinan bersamaan dengan pemakaian kata olahraga sebagai pengganti kata sport.
                   Senam sejak Yunani kuno sampai sekarang ini telah mengalami perkembangan yang sangat pesat, seiring dengan kemajuan dibidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Perkembangan itu terlihat dalam bentuk – bentuk gerakan, sistematika latihan maupun tujuan – tujuannya.
                   Apakah senam itu? Untuk menjawab pertanyaan demikian alangkah baiknya diberi jawaban dengan mengemukakan batasan. Namun itu tidaklah mudah hal ini disebabkan ruang lingkup senam sekarang demikian luasnya. Batasan itu perlu untuk membedakan senam dengan cabang olahraga lainnya: untuk itu perlu dikemukakan dulu apa ciri – ciri dan kaidah – kaidah itu. Ciri dan kaidah senam ialah:
·      Bahwa gerakan latihannya selalu dapat direncanakan, dipilih dan siapkan oleh guru, pelatih bahkan pelaku sendiri.
·      Bahwa gerakan latihan terpilih itu disusun secara sistematis (merupakan suatu kebulatan latihan).
·      Penyusunan pemilihan gerakan itu harus sesuai dengan prinsip – prinsip tertentu sesuai dengan tujuan atau kebutuhan si pelaku.
              Dengan melihat ciri – ciri dan kaidah – kaidah tersebut, maka batasan mengenai senam dapat dirumukan sebagai berikut : “Senam adalah latihan / olagraga yang bentuk – bentuk gerakannya dipilih dan disusun secara sistematis berdasarkan prinsip – prinsip tertentu sesuai dengan kebutuhan atau tujuan si penyusun”.
              Dari batasan diatas, dapat diambil kesimpulan bahwa setiap orang, guru atau pelatih olahraga dapat menentukan tujuan, memilih dan menyusun latihannya sendiri sesuai dengan kebutuhan atau tujuan untuk apa. Mungkin untuk memelihara kesegaran jasmani, menambah keterampilan, keindahan bentuk dan lain – lain
D. Macam – macam Senam
1.    Senam Lantai
Senam lantai pada umumnya disebut floor exercise, tetapi ada juga yang menamakan tumbling. Senam lantai adalah latihan senam yang dilakukan pada matras, unsur – unsur gerakannya terdiri dari mengguling, melompat, meloncat, berputar di udara, menumpu dengan tangan, atau kaki untuk mempertahankan sikap seimbang atau pada saat meloncat ke depan atau belakang. Jenis senam ini juga disebut latihan bebas karena pada waktu melakukan gerakan pesenam tidak mempergunakan suatu peralatan khusus. Bila pesenam membawa alat berupa bola, pita, atau alat lain, itu hanyalah alat untuk meningkatkan fungsi gerakan kelentukan, pelemasan, kekuatan, ketrampilan, dan keseimbangan.
            Senam lantai dilakukan di atas area seluas 12x12 m dan dikelilingi matras selebar 1 m untuk keamanan pesenam. Rangkaian gerakan senam harus dimulai dari komposisi gerakan ketangkasan, keseimbangan, keluwesan,dll. Pesenam pria tampil dalam waktu 70 detik dan wanita tampil diiringi music dalam waktu 90 detik. Gerakan – gerakan yang menekankan tenaga harus dilakukan secara lambat dan sikap statis sekurang – kurangnya 2 detik. Gerakan – gerakan salto harus dikerjakan setinngi bahu.
·      Macam – macam bentuk gerakan senam lantai antara lain :
a)    Guling ke depan
b)   Guling ke belakang
c)    Lompat harimau
d)   Keseimbangan kepala
e)    Keseimbangan tangan
f)    Handspring
g)   Back handspring
h)   Meroda
i)     Stut
j)     Round off
k)   Kep
l)     Neck kip
m) Head kip
n)   Kayang
o)   Sikap lilin
p)   Sikap kayang
q)   Salto


2.    Senam Artistik
            Lahirnya senam artistik di Indonesia yaitu pada saat menjelang pesta olahraga Ganefo I di Jakarta pada tahun 1963, yang mana setiap artistik merupakan salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan, untuk ini perlu dibentuk suatu organisasi yang berfungsi menyiapkan para pesenamnya. Organisasi ini dibentuk pada tanggal 14 Juli 1963 dengan nama PERSANI (Persatuan Senam Indonesia), atas prakarsa dari tokokh – tokoh olahraga se – Indonesia yang menangani dan mempunyai keahlian pada cabang olagraga senam. Promotornya dapat diketengahkan tokoh – tokoh dari daerah seperti : Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatera Utara.
Ø Peralatan Senam Artistik (ukuran alat)
a)    Untuk putra ada 6 alat
·      Floor exercise (lantai) : ukuran 12x12 m
·      Pommel horse (kuda – kuda pelana) : panjang 1.60 m dan tinngi 1.10 m
·      Parallelbar (palang sejajar) : panjang 3.50 m, jarak 0.48 s/d 0.52 m, tinngi 1.75 m.
·      Rings (gelang - gelang) : tinggi 2.55 m dan jarak 0.50 m.
·      Horse vault (kuda – kuda lompat) : panjang 1.60 m dan tinggi 1.35 m.
·      Horizontal bar (palang tunggal) : panjang 2.40 m dan tinggi 2.25 m.
b)   Untuk putri ada 4 alat
·      Horse vault (kuda – kuda lompat) : panjang 1.60 dan tinggi 1.20 m
·      Univen bars (palang bertingkat) : panjang, 2.40 m, tinggi palang bawah 1.50 m, tinggi palang atas 2.30 m
·      Balance beam (balok keseimbangan) : panjang 5.00 m dan tinggi 1.20 m.
·      Floor exersice (lantai) : ukuran 12x12 m
Ø Peraturan Umum Senam Artistik
a)    Kejuaraan Beregu (kompetisi I)
·      Setiap regu terdiri dari 6 pesenam putra / putri
·      Terdiri dari rangkaian wajib dan rangkaian pilihan, pada putra 6 alat, putri 4 alat.
·      Juara beregu (kompetisi I)adalah regu dengan jumlah nilai terbanyak dari jumlah 5 pesenam terbaik pada masing – masing alat untuk rangkaian wajib dan rangkaian pilihan.
o  Nilai maksimum untuk putra adalah : 12 nomor pertandingan x 50 = 600 (wajib dan pilihan ), 60 nomor pertandingan x 50 = 300 (pilihan)
o  Nilai maksimum untuk putri adalah : 8 nomor pertandingan x 50 = 400 (wajib dan pilihan), 4 nomor pertandingan x 50 = 200 (pilihan)
b)   Kejuaraan perorangan serba bisa ( kompetisi II )
·      Peserta finalis diambil dari 36 pesenam terbaik dari hasil kompetisi I, atau 1/3 dari jumlah peserta.
·      Dibatasi 3 pesenam dari tiap Negara / daerah
·      Hanya melakukan rangkaian pilihan untuk putra 6 alat dan putri 4 alat
·      Juara perorangan serba bisa (kompetisi II) adalah pesenam dengan jumlah nilai terbanyak dari nilai rata – rata pada kompetisi I (wajib dan pilihan), ditambah dengan nilai kompetisi II pada seluruh alat.
o   Nilai maksimum untuk putra = 120
o   Nilai maksimum untuk putri = 80
c)    Kejuaraan perorangan per alat (kompetisi III)
·      Peserta finalis diambil dari dari 8 pesenam terbaik dari hasil kompetisi I pada alat tersebut
·      Dibatasi 2 pesenam dari tiap Negara/daerah dan hanya 3 alat yang boleh diikuti oleh seorang pesenam
·      Hanya melakukan rangkaian pilihan untuk putra 6 alat dan putri 4 alat
·      Juara perorangan per alat (kompetisi III) adalah pesenam dengan jumlah nilai terbanyak dari nilai rata – rata pada kompetisi I (wajib dan pilihan) ditambah dengan nilai kompetisi III pada masing – masing alat.
o   Nilai maksimum putri = 20

3.    Senam Aerobik / irama
              Aerobik adalah suatu cara latihan untuk memperoleh oksigen sebanyak - banyaknya. Senam Aerobik adalah olahraga untuk peningkatan kesegaran jasmani bukan olahraga prestasi, akan tetapi olahraga preventif yang dapat dilakukan secara masal.
Ø Pembagian senam Aerobik menurut cara melakukan dan musik pengiring, yaitu:
a)    High impact aerobics (senam aerobik aliran gerakan keras)
b)   Low impact aerobics (senam aerobik aliran gerakan ringan)
c)    Discorobic (kombinasi antara gerakan – gerakan aerobik aliran keras dan ringan disko)
d)   Rockrobic (kombinasi gerakan – gerakan aerobik dan ringan serta gerakan – gerakan rock n’ roll)
e)    Aerobic sport (kombinasi gerakan – gerakan keras dan ringan serta gerakan – gerakan kalestetik / kelentukan)
Ø Tahap – tahap melakukan senam aerobik adalah sebagai berikut :
a)    Pemanasan selama 10 menit
b)   Latihan inti selama 15 – 20 menit
c)    Pendinginan /pelemasan selam 5 menit
4.  Senam Sibuyung
                           Senam yang gerakannya menirukan suatu benda yang dapat bergerak atau gerakan hewan yang bergerak (gerakan fantasi). Senam ini dipergunakan untuk siswa SD yang berumur sekitar 7 – 9 tahun ( kelas 1 – 3 SD ).


BAB III
PENUTUP
Kesimpulan
            Senam adalah latihan jasmani / olahraga yang bentuk – bentuk gerakannya dipilih dan disusun secara sistematis berdasarkan prinsip – prinsip tertentu sesuai dengan kebutuhan atau tujuan si penyusun. Senam pertama kali diperkenalkan pada zaman Yunani kuno. Senam berasal dari kata Gymnstics, Gymnas berarti telanjang. Senam di Negara Indonesia sudah dikenal sejak zaman penjajahan Belanda. Pada waktu itu namanya “Gymnastiek”, zaman jepang dinamakan “Tasio”. Macam – macam senam dibagi menjadi 4, yaitu senam lantai, senam artistic, senam aerobic/irama, senam sibuyung.

21 komentar:

  1. Salam kenal Gan
    pelopor senam pertamakali di Indonesia siapa dan pada tahun berapaan ya?
    dan klo info mengenai model baju senam terbaru tren saat ini mhon infonya ya? trims :)

    BalasHapus
  2. makasih infor masinya gan
    apakah senam aerobic membutuhkan bantuan alat sebagai mana senam artistik?
    @butik baju senam:klo info soal baju senam terbaru + murah
    saya tau
    moga makin sukses ya

    BalasHapus
  3. Halo Gan , salam kenal yaa
    mengenenai senam ya Gan. senam apakah yang paling cocok untuk kebugaran dan bisa pula untuk menurunkan berat badan secara cepat? oh ya Gan barang kali Gan dan temen2 yang mengomentari ini lagi cari baju senam murah yang berkualitas, silahkan kunjungi langsung website koleksi lengkap www.bajusenamgrosir.com
    trims yaa :)

    BalasHapus
  4. makasi ya min artikelnya, saya sdikit bingung antara senam irama dan senam ritmik :), mohon pnjelasannya ya min antara gerakannya, baju senam'nya dan spesifiknya min.. thx ya :)

    BalasHapus
  5. salam kenal sista :)
    mau nanya ni klo snam Lantai itu mlai populer di indonesia kapn yah ??
    oiya btw sista tau ga toko baju senam wanita yg berkualitas n terpercaya itu dmna yah ?
    mksih, salam sukses :)

    BalasHapus
  6. sista...
    disini kalo ada lomba ato kejuaraan, di publikasikan gk y?
    solanya lagi pengen ikut kejuaraan ini..
    oh ya... kalo mau nyari baju senam murah, tinggal klik link baju senam murah y...
    makasih...^^

    BalasHapus
  7. Kalau mau cari baju senam wanita murah anda bis datang kesurabaya atau searching saja di google pasti ketemu ?,...
    hehe moga bisa membantu

    BalasHapus
  8. salam hangat dari ane, mau tanya ni gan perbedaan masalah pakaian olahraga adidas dan pakaian olahraga nike itu apa ya gan

    BalasHapus
  9. matur nuhun atuch, kalo boleh tau untuk pemula sebaiknya melakukan senam aerobic itu berapa hari sekali ya?
    dan apakah sis kau tempat2 yg menjual baju senam aerobik terbaru di surabaya?
    Trms infonya sis

    BalasHapus
  10. thank atas infonya tentang senam, sekalian dach minta info tentang baju senam bandung , yang jualnya bersahabat banget sama dompet :D .

    BalasHapus
  11. Salam manis dari ane, dan terima kasih atas bantuannya, artikel anda sangat membantu ane meringankan tugas, oh iya bisa minta penjelasan, maksudnya baju senam cantik itu seperti gimana kah ?

    BalasHapus
  12. Salam hangat dan sehat selalu,,
    trims Admin udah memberikan referensi dalam makalah ni,,
    jika terjadi insedent di waktu senam, sebaiknya tindakan awal dalam pertolongan itu bagaimana Admin?
    apa perbedaan baju senam crystal dengan merk baju senam lainnya min?

    BalasHapus
  13. Salam Olahraga
    bisakah dijelaskan kembali manfaat dari senam-senam tersebut di atas?
    btw, di mana tempat penjualan kaos kaki wanita d dan sepatunya juga yg keren-keren gitu?
    Salam sukses dan thanks atas artikel makalahnya ^_^

    BalasHapus
  14. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  15. Salam Semangat
    Jika terjadi kesalahan dalam melakukan senam aerobik sehingga mengakibatkan cidera pada anggota tubuh, sebaiknya langkah pertama yg harus dilakukan bagaimana? dan bisa ngasih info mengenai tempat penjualan baju aerobik wanita khususnya di daerah Surabaya?
    Terimakasih atas artikelnya yg bermanfaat ini :-)

    BalasHapus
  16. salam kenal sist
    arikelnya informatif sekali..kalo tmpat jual baju senam buat senam yg murah dimana y?
    makasih...

    BalasHapus
  17. semangat pagi sis..
    kalo untuk wanita yg aktif kerja dan kuliah bagusnya ikut senam apa yah..
    trus baju senam aerobik yg cocok itu yg bagaimana?

    BalasHapus
  18. makasih bnyk, ijin share ya makalah senam lantai nya, salam kenal gan

    BalasHapus