Halaman

Jumat, 23 September 2011

HAKEKAT MAKANAN BAGI MAKHLUK HIDUP


A.  Pengertian Makanan
Makanan berasal dari kata makan yg berarti mengasup bahan. Makanan adalah asupan utama yang mempengaruhi kesehatan dan kondisi badan. Makanan adalah bahan, biasanya berasal dari hewan atau tumbuhan, dimakan oleh makhluk hidup untuk memberikan tenaga dana nutrisi. Cairan dipakai untuk maksud ini sering disebut minuman, tetapi kata 'makanan' juga bisa dipakai. Istilah ini kadang-kadang dipakai dengan kiasan, seperti "makanan untuk pemikiran". Kecukupan makanan dapat dinilai dengan status gizi secara antropometri.
Makanan yang dibutuh manusia biasanya dibuat melalui bertani atau berkebun yang meliputi sumber hewan dan tumbuhan. Beberapa orang menolak untuk memakan makanan dari hewan seperti, daging, telur dan lain-lain. Mereka yang tidak suka memakan daging dan sejenisnya disebut vegetarian yaitu orang yang hanya memakan sayuran sebagai makanan pokok mereka.
Setiap makhluk hidup membutuhkan makanan. Tanpa makanan, makhluk hidup akan sulit dalam mengerjakan aktivitas sehari-harinya. Makanan dapat membantu kita dalam mendapatkan energi,membantu pertumbuhan badan dan otak. Memakan makanan yang bergizi akan membantu pertumbuhan kita, baik otak maupun badan. Setiap makanan mempunyai kandungan gizi yang berbeda. Protein, karbohidrat, lemak, dan lain-lain adalah salah satu contoh gizi yang akan kita dapatkan dari makanan.
Setiap jenis gizi yang kita dapatkan mempunyai fungsi yang berbeda. Karbohidrat merupakan sumber tenaga yang kita dapatkan sehari-hari. Salah satu contoh makanan yang mengandung karbohidrat adalah nasi. Protein digunakan oleh tubuh untuk membantu pertumbuhan kita, baik otak maupun tubuh kita. Lemak digunakan oleh tubuh kita sebagai cadangan makanan dan sebagai cadangan energi. Lemak akan digunakan saat tubuh kekurangan karbohidrat, dan lemak akan memecah menjadi glukosa yang sangat berguna bagi tubuh kita saat kita membutuhkan energi.
B.     Manfaat Makanan Bagi Makhluk Hidup
Tidak akan ada kehidupan tanpa makanan. Jika kita kurang makan, tubuh akan menjadi kurus, lemas, dan tidak bertenaga. Apakah yang akan terjadi apabila kita tidak makan dalam waktu yang cukup lama? Tentu saja kita akan mati kelaparan.
Tujuan dan fungsi makanan bagi tubuh kita adalah menjaga agar badan kita tetap sehat, tumbuh, dan berkembang dengan baik. Agar semua itu dapat dicapai, kita harus makan makanan yang bergizi. Makanan yang bergizi bukan berarti makanan yang mahal, enak, atau mengenyangkan saja. Makanan yang bergizi adalah makanan yang mengandung karbohidrat, lemak, protein, vitamin, mineral, dan air. Berbagai kandungan gizi tersebut dibagi menjadi tiga golongan berdasarkan fungsinya, yaitu:
a. Zat tenaga, terdiri dari karbohidrat dan lemak
b. Zat pembangun, terdiri dari protein dan mineral
c. Zat pengatur, terdiri dari mineral, vitamin, dan air.
Makanan sehat adalah makanan yang mengandung tri guna makan apa yang dimaksut dengan triguna makan itu ? triguna makan adalah makanan yang mengandung tiga kegunaan makanan yaitu :
1. sebagai zat pembangun
2. sebagai zat pengatur
3. sebagai zat tenaga
Makan adalah Kebutuhan. Save the best for the last. Baik bagi kesehatan. Baik bagi yang ingin diet dan mendapatkan berat badan yang ideal. Baik bagi semua aspek. Makan memang harus sesuai kebutuhan. Tidak terlalu banyak atau terlalu sedikit. Pertimbangkan asupan gizinya, sehingga bagus untuk organ-organ tubuh. Makan memang harus sesuai kebutuhan. Itulah yang menjadikan kehidupan lebih baik.

C.    Pelaku Makanan
Semua makhluk hidup pasti membutuhkan makanan. Manusia, hewan, & tumbuhan pasti membutuhkan makanan untuk hidup. Makanan pasti dimakan oleh seluruh manusia di dunia ini.Kebutuhan makanan setiap orang di dunia ini berbeda.Orang yang tinggal di Kutub Utara dan Selatan, membutuhkan banyak makanan untuk membantu menghangatkan dirinya agar suhu tubuhnya tetap normal. Sedangkan bagi orang yang tinggal di daerah tropis, mereka justru membutuhkan banyak minuman dibandingkan dengan makanan.Selera makanan orang di setiap negara pasti berbeda.Jadi, di setiap negara pasti mempunyai makanan khas sendiri.Di Amerika Serikat, rata-rata penduduknya memakan pizza, hamburger dan hot dog sebagai makanan pokok mereka.Sedangkan di Indonesia, rata-rata penduduknya memakan nasi sebagai makanan pokok mereka.Begitupun dengan eropa dan negara-negara lainnya.Jadi dapat dipastikan, bahwa setiap negara mempunyai makanan khas nya sendiri.
D.    Jenis & Cara Kerja Makanan
Setiap makanan pasti berasal dari hewan dan tumbuhan. Untuk makanan yang berasal dari hewan disebut makanan hewani. Sedangkan yang berasal dari tumbuhan disebut makanan nabati.
Makanan yang biasa dikonsumsi oleh Manusia :
Sumber tumbuhan :
·       Buah
·       Sayuran
·       Biji Padi-padian
·       Biji
·       Tumbuhan Polong (Buncis,kacang ijo, miju-miju, dan lain-lain.)
·       Bumbu
Sumber Hewan :
·       Daging
·       Telur

Satu-satunya cara yang permanen untuk "membangunkan" metabolisme Anda yang sedang "tidur" adalah dengan menambah atau mengurangi berat badan, dan'membentuk otot dengan berolahraga," ungkap Janet Walberg-Rankin, Ph.D., seorang professor bidang fisiologi olahraga di Virginia Tech University, USA. Jadi bahkan jika Anda hanya mengkonsumsi sedikit dari masing-masing kelimabelas jenis makanan pendongkrak metabolisme tubuh ini, maka selama beberapa hari berat badan Anda akan tetap turun. Itupun jika Anda tak banyak beraktivitas. Bayangkan jika Anda mau berolahraga daripada hanya menunggu lapar saja? Mungkin masalah perut Anda yang buncit akan terpecahkan. Jadi, ambil sendok dan garpu Anda, waktunya makan.
Pendongkrak Metabolisme Kelompok 1: Susu, Sereal Biji-bijian Murni (Whole-grain cereal) dan Bubur Gandum (Oatmeal] Kandungan rahasia : Kalsium, karbohidrat kompleks, dan serat.
Cara kerja : Karbohidrat kompleks dan serat memompa metabolisme dengan menjaga kadar insulin tubuh tetap rendah setelah makan.
Hal tersebut sangat baik karena sifat buruk dari produksi insulin dapat mengirim sinyal ke tubuh mengisyaratkan waktunya menyimpan lemak. Akibat sinyal tersebut, tubuh harus memperlambat metabolisme untuk menimbun lemak sehingga tubuh hanya dapat membakar sedikit kalori saja. Fakta itu dinyatakan oleh Margaret McNurlan, Ph.D., seorang professor bidang nutrisi dan pengobatan di Stony Brook, State University of New York. Jadi, bubur gandum yang lamban dicerna di perut mampu mengurangi sifat buruk dari level insulin tadi.
Selain membantu mencegah sifat buruk insulin tadi, sarapan dengan 3 jenis makanan diatas juga dapat merangsang dan memacu pembakaran kalori harian Anda. Ketika para U.S. Navy meneliti tentang metabolisme dan kebiasaan makan dari sekelompok tentaranya, ternyata ditemukan bahwa yang biasa sarapan pagi dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh hingga 10 persen. "Dengan melewatkan sarapan, maka akan memperlambat metabolisme dan memancing tubuh Anda untuk menyimpan lemak," tambah Prof. McNurlan.
Kalsium dalam susu juga merupakan pemicu metabolisme tubuh. Sebuah studi dari University of Tennessee, USA. menemukan bahwa sejumlah orang-orang yang sedang berdiet yang mengkonsumsi antara 1200-1300 mg kalsium sehari dapat mengurangi berat badannya sebanyak hampir dua kali lipat daripada mereka yang lebih sedikit mengkonsumsi kalsium.
Pendongkrak Metabolisme Kelompok 2 : Cabai Jalapeno, Habanero dan Cayenne.
Kandungan rahasia : Capsaicin, yaitu zat kimia dalam cabai yang memberi rasa pedas.
Cara kerja : Mengkonsumsi ketiganya dapat mempercepat denyut jantung sehingga kalori juga lebih banyak dibakar.
Sebuah studi dari akhir tahun 1980an menemukan bahwa makan satu jenis makanan yang pedas dapat meningkatkan metabolisme tubuh hingga 25 persen, dan bahkan pembakaran kalori masih terus meningkat sampai 3 jam sesudah Anda memakannya. Penelitian yang terkini dari Laval University di Quebec, Canada, menemukan bahwa seorang pria yang meminum kopi sambil memakan snack (makanan ringan) rasa cabai merah pedas dan sarapannya ternyata mampu membakar hampir 1000 lebih kalori sehari daripada para pria lain dalam kelompok yang dikontrol makannya.
Makanan ringan juga dapat mencegah Anda kehabisan "bahan bakar" seperti pada jam 3 sore (jam tanggung) yang banyak dikeluhkan para pekerja. "Jika Anda membatasi jumlah kalori yang dibutuhkan tubuh sebagai bahan bakar, maka level metabolisme tubuh Anda sementara akan merosot," ungkap Susan Roberts, Ph.D., kepala laboratorium metabolisme-energi pada Tufts University di Boston, USA. “Akibatnya, lemak lebih mudah tertimbun dalam tubuh dan akan lebih susah untuk dibakar kembali," tambahnya.
Pendongkrak Metabolisme Kelompok 3 : Teh Hijau dan Kopi
Kandungan rahasia : Kafein dan sebuah zat kimia bernama EGCG dalam teh.
Cara kerja : Kafein dapat meningkatkan denyut jantung. Sekali lagi, semakin cepat denyut jantung Anda, maka semakin cepat dan banyak pula pembakaran kalori. EGCG dalam teh bekerja hampir sama dengan kafein, tetapi tidak sekedar mempercepat denyut jantung, namunjuga membuat otak dan syaraf bekerja lebih cepat sehingga juga membantu pembakaran lebih banyak kalori.
Di dalam penelitian, para peneliti menemukan bahwa sebuah kombinasi antara kafein dan satu dosis EGCG sebanyak 90 mg yang dikonsumsi tiga kali. sehari dapat membantu membakar kalori tambahan sebesar 80 kalori sehari. Itupun dalam kondisi tubuh tanpa aktivitas. Sebuah studi yang diadakan oleh pemerintah Canada menemukan bahwa para pasukan yang mengkonsumsi kafein 12 jam sebelum tes latihan fisik ternyata tidak hanya mampu berlatih lebih lama sebelum keletihan, tetapi juga lebih mampu menyerap oksigen ketika berlatih. Kebutuhan oksigen tubuh terkait secara langsung terhadap kecepatan metabolisme tubuh. Jadi, semakin banyak oksigen yang Anda gunakan, semakin besar pula jumlah kalori yang Anda bakar selama latihan.
Pendongkrak Metabolisme Kelompok 4 : Daging Sapi, Domba Muda, Ayam, dan Kalkun yang Tidak Berlemak
Kandungan rahasia: Protein
Cara kerja : Tubuh memerlukan lebih banyak energi untuk mencerna protein dalam daging daripada energi yang dibutuhkan untuk mencerna karbohidrat atau lemak.
Hal tersebut dinyatakan oleh Doug Kalman, R.D., direktur nutrisi pada Miami Research Associates, sebuah tempat fasilitas penelitian farmasi yang sangat terkenal di Amerika Serikat. "Itu berarti bahwa semakin banyak protein yang Anda makan, maka semakin keras tubuh Anda harus bekerja untuk mencernanya, dan semakin banyak pula kalori yang akan Anda bakar dalam proses tersebut," tambah Prof. Kalman.
Para peneliti di Arizona State University membandingkan beberapa manfaat antara makanan (diet) tinggi protein dan makanan (diet) tinggi karbohidrat. Mereka menemukan bahwa kelompok orang yang mengkonsumsi makanan (diet) tinggi protein mampu membakar kalori dua kali lebih banyak dalam beberapa jam daripada kelompok pengkonsunisi makanan (diet) tinggi karbohidrat. Bahkan, para peneliti di Denmark menemukan bahwa para pria yang mengganti 20 persen karbohidrat pada makanan mereka dengan protein ternyata lebih mampu mendongkrak metabolisme tubuh, dan meningkatkan jumlah kalori yang dibakar per harinya sebesar 5 persen.
Pendongkrak Metabolisme Kelompok 5 : Salmon, Tuna, dan Sardin
Kandungan rahasia : Asam lemak Omega-3
Cara kerja : Mengkonsumsi ketiga jenis makanan tersebut dapat merubah level hormon leptin dalam tubuh.
Beberapa penelitian terkini telah membuktikan bahwa hormon leptin berpengaruh secara langsung terhadap metabolisme tubuh sehingga ikut menentukan apakah tubuh harus membakar kalori atau menyimpannya sebagai lemak.
Para peneliti di University of Wisconsin, USA. menemukan bahwa beberapa tikus penelitian berlevel hormon leptin yang rendah mempunyai metabolisme yang lebih cepat dan mampu membakar lemak lebih cepat daripada yang berlevel hormon leptin lebih tinggi. Cara terbaik untuk menurunkan hormon leptin Anda : makanlah ikan
Para peneliti dari Mayo Clinic telah mempelajari pola makan dari dua kelompok suku Afrika dimana salah satu kelompok suku sering mengkonsumsi ikan sedangkan kelompok lainnya mengkonsumsi sayur-sayuran dan jarang mengkonsumsi ikan. Hasilnya, kelompok suku pengkonsumsi ikan mempunyai level hormon leptin lima kali lebih rendah daripada kelompok suku satunya.
Jika Anda tidak menyukai masakan ikan, maka suplemen minyak ikan dapat bekerja sama baiknya. Para peneliti di Perancis juga telah membuktikan bahwa para pria yang hanya mengganti sebanyak 6 gr lemak dalam makanan mereka dengan 6 gr minyak ikan, ternyata mampu mendongkrak metabolisme tubuhnya dan berhasil menurunkan berat badan sekitar 1 Kg selama
E.     Tempat & Waktu Untuk Makan
Pada umumnya kita makan tiga kali sehari. Pertama, makan pagi sebagai sumber tenaga untuk melaksanakan aktivitas. Kedua, makan siang untuk menambah tenaga yang mulai berkurang. Ketiga, makan malam untuk memulihkan tenaga yang telah terpakai oleh aktivitas sepanjang hari. Pada saat kita tidur di malam hari pun, tubuh tetap membutuhkan tenaga agar istirahat kita menjadi bermutu.
Makanlah dengan tenang. Jangan terlalu cepat menelan makanan. Kunyahlah makanan hingga benar-benar lumat. Ini juga berarti kita sebaiknya tidak selalu minum air untuk menelan makanan yang belum lumat. Jika kita mengunyah makanan sampai lembut, maka kerja lambung menjadi tidak berat. Lambung tidak perlu meremas-remas 1erlalu kuat atau lama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar