Halaman

Minggu, 25 September 2011

Definisi Teknologi Pendidikan dan Teknologi Pembelajaran menurut ahli


1.      Definisi Teknologi Pendidikan dan Teknologi Pembelajaran menurut ahli:
·         Definisi Teknologi Pendidikan.
a.       Teknologi pendidikan adalah studi sarana pendidikan (mean) secara sistematik sehingga tujuan pendidikan dapat tercapai (Mac Kenzie dan Eraut, 1971).
b.      Teknologi pendidikan adalah bidang kegiatan fasilitas belajar manusia secara sistematik melalui identifikasi, pengembangan, organisasi, dan pemanfaatan keseluruhan sumber belajar, serta pengelolaan proses tersebut (Association for Educational Communications and Technology, 1972).
c.       Teknologi pendidikan adalah proses yang kompleks dan terpadu yang melibatkan orang, prosedur, ide, peralatan, dan organisasi untuk menganalisis masalah, mencari jalan pemecahan masalah yang menyangkut semua aspek belajar manusia (Association for Educational Communications and Technology, 1977).
·         Definisi Teknologi Pembelajaran.
a.       Teknologi Pembelajaran adalah cara sistematis tentang perencanaan (designing), pelaksanaan dan penilaian dari keseluruhan proses belajar-mengajar untuk mencapai tujuan khusus pembelajaran yang mendasarkan pada penelitian proses belajar manusia dan komunikasi serta mendayagunakan baik sumber belajar manusia maupun non-manusia, agar terjadi pembelajaran yang lebih efektiv (Komisi Teknologi Pembelajaran, 1970).
b.      Teknologi Pembelajaran adalah pengembangan (penelitian, disain, produksi, evaluasi, penunjang, dan pelengkap, pemanfaatan) dari komponen sistem pembelajaran (pesan, orang, bahan media, peralatan, teknik, latar/setting) dan pengelolaan pengembangan (organisasi, personal) dalam proses secara sistematik dengan tujuan untuk memecahkan masalah pendidikan (Kenneth Silber, 1970).
c.        “instructional technology is the theory and practice of design, development, utilization, management and evaluation of processes and resources for learning” (Barbara B.Seels, 1994).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar